Wednesday 6 November 2013

Move on!!? CapCus Cyinnn!!!

Move on? Capcus Cyin!!
“Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia, hapuskan memori ku dengannya!” Terdengar sesenggukan si Anto menyanyikan lagu galau itu. Hampir seribu kali lagu itu dia nyanyikan. Terlihat matanya sayu, Nampak sedih. Untung saja temannya yang baik mendatanginya dan menegurnya, jika terlambat bisa – bisa si Anto mati dehidrasi karena kehabisan air mata. Yah begitulah kisah sendu si Anto, baru 5 jam berpacaran dengan si Anti, dia harus menelan pil pahit karena diputusin sama Anti.
“Heh nto, knapa lu nangis mulu? Udah nyanyi – nyanyi fals gitu, kasihan tuh ayam mpok nanik mati gara – gara suara lu!” Hardik Rian, sahabat Anto.
“A…a…a..Aku abis diputusin Anti, Rian” huaaa huaaaaa! Tangis Anto semakin kencang.
“Yaelah Nto nto, lu tuh ye, baru juga pacaran 5 jam masa udah putus aja! Apasih sebabnya?” Tanya Rian penuh kecurigaan.
“Ternyata aku sama Anti tuh beda Ian, beda banget!” Sahut Anto dengan suara parau.
“Apa bedanya Nto? Jelas beda lah, lu kan cowok, die cewek!” sahut Rian semakin curiga.
“Kesukaan kita berbeda. Dia suka cheerybelle aku suka JKT48. Dia suka teh anget, aku suka kopi. Aku suka pudding dia sukanya pancake. Karena itulah rasa sayangnya ke aku hilang Rian.” Jawab Anto sambil mengeraskan suara tangisnya. “HUaaaaaa, Huaaaaa”
“Apaaa!!!? “teriak Rian. Dia merasa menyesal bertanya kenapa si Anto diputusin ceweknya, karena alasan putus mereka. Pengen rasanya Rian nyari air kembang setaman buat ngguryur si Anto biar sadar.
“Ya ampun Nto, lu tuh cowok, ya udah lah yah, lagian kalian putus alasannya gak logis gitu. Anggap saja kamu kenal orang yang gak tepat dalam hidupmu.” Sergah Rian penuh kebijaksanaan.
“Iya Ian, aku tau itu. Aku masih gak terima dengan keputusannya ian. Aku juga ngrasa gak mendapat keadilan dari dia Ian.” Kata Anto mencoba menjelaskan keadaan hatinya.
Sambil memegang Anto dan menyeret tangannya, Rian berucap. “Ya udah ayuk ikut gue”.
“Eh kmana Rian, kamu mau bawa aku kemana?” Anto mencoba menolak ajakan Rian.
“Ke kantor Polisi, nyariin keadilan buat lu!!” Jawab Rian seenaknya.
“Ya gak gitu juga kali Ian!!!?” Seru Anto menanggapi ajakan Rian.
“Sebenarnya aku tau alasan lain kenapa dia gak sayang sama aku Ian. Waktu jadian Sama aku, sebenarnya dia masih berpacaran dengan orang lain, trus pas kita jadian dia mutusin pacarnya itu, singkat cerita mungkin dia belum move on dari mantannya ketika jadian sama aku Ian.” Terang Anto kepada Rian.
“Yahhh,, udah Nto, udah. Gak baik kamu terus meratapi kesedihanmu. Move on Nto, masih banyak cewek disana yang pantas kamu perjuangin.” Rian mencoba bijaksana memberi nasihat.
“ Iye Ian, Iyee.” Jawab Anto dengan setengah hati menyetujui nasihat Rian.
Begitulah akhir kisah tragis percintaan Anto dan Anti, yang gak lebih dari 5 jam saja. Itu semacam hubungan yang EDITANSIL alias Ejakulasi Dini Tanpa Hasil. Tapi bagaimana juga tersirat susahnya Anto Move On dari mantannya itu. Dari sepenggal kisah diatas menyisakan satu pertanyaan klasik. Gimana bisa Move On dari mantan? So here we go, (pasang sabuk pengamannya yah). How the way to move on?
Sebenarnya cara move on yang bener – bener mutlak berhasil itu relative. Based on kemampuan dan kemauan masing – masing. Kenapa harus dua factor tersebut? Ya karena factor itu saling berkaitan. Percuma juga sih kalo mampu tapi gak mau. Cuman ada pengecualian. Kalo kamu MAU, pasti juga mampu. Berusaha dan berdoa yang pasti. Kalo mau – mau aja gak mau usaha yah sama aja bohong. And then, ini nih ada beberapa cara – cara move on menurut sudut pandang gue, dan sebagian besar udah gue alamin. So this is it..
First one is pandai – pandailah bersyukur.
Bersyukur, hal sederhana yang sering kita lupakan ketika kita merasa dalam keadaan yang sangat mengenaskan, dalam kasus ini adalah putus cinta. Sebenarnya kalo kita mau mensyukuri apa yang kita dapat, entah itu hal yang menyenangkan atau hal yang menyedihkan, kita akan lebih mudah menerima keadaan dengan lapang dada. Dan dengan bersyukur pula kita mampu berfikir lebih jernih dan lebih logis dalam menghadapi setiap masalah yang kita dapat. Toh semua yang kita alami bukan kebetulan yang apes belaka. Tuhan sudah menggariskan takdir kita. So, make it easy and don’t hurt yourself.
Dengan bersyukur juga kita akan bisa memahami hikmah dari masalah yang kita alami. Gak sekedar memahami, malah bisa lebih mengambil hikmahnya. Kalo dilogika dengan akal sehat, masalah yang kita alami pasti membawa hikmah bagi kita. Semisal, ketika masih punya pacaran, pacar kamu suka ngajakin makan, jalan, belanja Dll, yang itu kalo dilihat dari segi hemat, gak bisa dibilang hemat. So, setelah putus kamu bakal menjadi pribadi yang lebih hemat. Misal nih gue, gue pernah beberapa tahun lalu pacaran, trus setahun selang putus, karena gue hemat, gue bisa beli hal yang gue pengenin yaitu; posternya Annisa cherrybell. Lhohhhhhh!!! Just kidding, hehehe,, sejujurnya setahun selang putus dari pacar gue, gue bisa ngumpulin duit gue buat beli laptop sendiri. Sekedar info aja, minggu kemarin gue abis diputusin ama gebetan gue. Dan gue yakin 6 bulan kedepan kalo gue hemat pasti kebeli deh kamera SLR impian gue.
Mencoba jangan menceritakan berulang – ulang kesedihan kalian
Sebisa mungkin jangan menceritakan apapun tetang kronologi putusnya kalian dengan pacar kalian. Kenapa begitu wid? Kan kalo kita curhat lebih ringan jadinya? Iya boleh kalian curhat sama teman kalian, cuman jangan diulang – ulang curhatan kalian. Karena setiap kita menceritakan hal yang menyedihkan itu, di saat moment itulah kalian akan membuka memori kalian bersama mantan kalian dan itu akan menghambat proses move on kalian. Dan berakhir dengan Gagal hati, iya gagal hati buat move on.
Sibukkanlah hari – hari kalian dengan hal – hal positif
Ini masih menjadi cara ampuh untuk move on dari mantan, kalo menurut gue ini bisa diganti dengan istilah Move on yang produktif. Ingat lo ya PRODUKTIF. Mengapa harus dipertegas begitu? Karena banyak yang mencoba move on dengan menyibukkan diri tapi kadang caranya itu terkesan sesat. Misalnya biasanya cewek make cara ini, yaitu dengan meningkatkan kesibukan mulut dengan ngemil sembari nyanyi lagu galau. Bukan menyalahkan cara seperti itu tapi itu, bukannya itu akan menyebabkan obesitas, dan lebih parah lagi ketika ngemil sambil nyanyi bisa menyebabkan kesedak, kan gak elit aja mati galau kesedak ngemil jajan sambil nyanyi lagunya kanjen band. So hindari cara move on yang konsumtif seperti itu. Masih banyak kegiatan yang positif semisal, menulis. Iyah menulis apa aja yang kalian risaukan. Bisa juga sibukkan dengan hoby – hoby positif kalian. Ingat, pustus bukan halangan buat berkarya yah J
Lakukan hal – hal positif yang gak bisa kalian lakuin ketika kalian pacaran
Ketika pacaran dulu, pacar gue selalu mengekang gue, gue gak boleh jalan malam lah, gak boleh keluar ama temen, gak boleh naik odong – odong, gak boleh pipis dicelana, gak boleh Pub di selokan lah, dan banyak hal lagi yang waktu gue masih pacaran dulu dan gue dilarang – larang. Dilarang – larang gak selalu melalui perintah lisan lo yah. Bisa juga kita gak mau nglakuin itu karena kita mikirin perasaan pasangan kita. So ketika kalian putus kalian bisa melakukan hal – hal positif yang dulu gak bisa kalian lakuin ketika masih pacaran ama pacar kalian. Misal, Koprol ditengah alun – alun kota (Don’t try it at home, but try it at alun – alun)
Jangan pernah disesali
Ketika kalian mengambil keputusan untuk pisah dengan gebetan or pacar kalian. ya kalian terima keputusan itu. Jangan disesali, soalnya kalo terus menyesali hal yang sudah terjadi itu sama aja ngelakuin hal yang percuma, ngebuang waktu. Anggap aja kalian melewati beberapa waktu dengan orang yang belum tepat dengan kalian. Hidup itu terlalu singkat buat menyesali keputusan. So, wake up, dan segera buka hati untuk yang lain, dan katakan pada diri kalian kalo mantan cuman mantan. Anggap mantan itu kubangan yang menjatuhkanmu dan membuatmu kotor, lalu segera bersihkan dirimu dan jangan sampai kamu jatuh dalam kubangan yang sama. Gue pikir Cuma kebo yang mau jatuh di kubangan yang sama.

Berkumpul bareng teman
Sedikit meluangkan waktu bersama teman, secara perlahan akan membuat kita melupakan rasa galau kita ama mantan. Mungkin selama dulu kita punya pacar, kita jarang jalan bareng teman, ngopi bareng. So, ketika kalian berada dalam posisi ini, teman kalianlah yang bisa membuat kalian sedikit demi sedikit bangkit dari masalah yang kalian hadapi.
Beidewe, gimana wid kalo kita pacaran udah lama, katakanlah seabad trus pacar kita mutusin kita, apakah bisa move on dengan cara diatas? Kalo menurut gue, BISA. Knapa? Karena kalo dibalikin sama diri kalian masing. Kesuksesan move on itu tergantung sama kemauan dari dalam hati kita. Pacaran 4 tahun tapi gak jodoh? Itu bukan kebetulan guys, semua udah di atur sama Yang Maha Esa. Dan satu hal yang perlu kita tanamkan dalam diri kita, menurut gue “Jangan memberikan rasa sayang lebih dari 25% terhadap orang yang belum pasti jadi suami or istri kita, biar ketika kita berpisah gak berasa sakit dan mudah buat move on”.

Eh satu saran lagi sih, yang paling ampuh buat move on yah Menikah aja. Kalo udah nikah, tau berumah tangga. Yang bilangnya gak bisa move on pasti tetep bakal bisa move on kok. Akhirnya, mungkin segini aja dari gue. Jika ada yang punya cara jitu buat move on dari mantan silahkan coment di coment box yah. Remember it, Hidup itu sangatlah singkat, dan jangan buang waktu yang singkat ini hanya untuk meratapi masa lalu mu.

4 comments:

Followers