Tuesday 12 November 2013

Terbelenggu Oleh Hukum Adat

“Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua harusnya kamu nurut ibu, jauhin si Anti, kamu gak boleh berhubungan sama dia. Kamu lebih memilih gebetan kamu itu atau memilih ibu? Kamu mau ibu mati muda gara – gara kamu masih berhubungan sama anti? Nanti kalo kalian nikah, akan menimbulkan bencana besar, badai topan dimana mana, angin puting beliung, tsunami, sampai gempa bumi. Kamu itu anak pertama dan Anti anak ke tiga, kalo kalian nikah namanya pernikahan LUSAN dan itu dilarang dalam adat jawa kita! Lihat aja masih jadi gebetan ama si Anti, kucing kamu udah mati Dua, itu pertanda buruk Nto.” Sore itu ibunya Anto melarang anaknya berhubungan dengan gebetannya.
Anto mencoba menyangkal pernyataan ibunya, dan memberikan berbagai macam sangkalan yang logis. “Ibu itu namanya musrik, di Agama kita gak ada hal semacam itu. “ mendadak Anto menjadi Ustadz!. Tapi semua sangkalan Anto hanya dianggap angin lalu oleh ibunya. Dan semua sangkalan itu kalah oleh satu kalimat yang terlontar dari ibunya. KAMU PILIH GEBETAN KAMU ATAU PILIH ORANG TUAMU. Dalam hati Anto berbisik “aku pilih luna maya aja, seksi buk”. Akhirnya kandas juga hubungan Anto. Untuk kesekian kalinya Anto gagal mendapatkan pacar dan terjerembab dalam jurang keJombloan.

Kisah Anto ini menginspirasi gue untuk menguak lebih dalam tentang macam – macam adat jawa yang membuat kita masih berkutat dalam kejombloan. So mari kita ulik satu persatu.

1.     LuSan (anak pertama dengan anak ketiga/ ketelu dan kapisan)

Nih sama persis yang dialamin si Anto diatas. Yaitu kalo elo punya pacar elo anak pertama dan pacar lo anak ketiga, atau sebaliknya. Maka, hubungan elo ama pacar lo masuk dalam hubungan yang dilarang oleh adat istiadat. Jika kalian melanggar katanya sih, orang tua salah satu dari kalian akan celaka. Saran gue sih, buru – buru elo ke kecamatan, trus ganti urutan kelahiran lo di KK ama di akte, kan beres tuh.

2.    GEHING (Anak kelahiran hari wage dan hari Pahing)

For your information yah, yang belum tau apa itu wage atau pahing. Dalam budaya jawa sendiri menggunakan 2 macam system penanggalan yaitu system 7 hari dalam seminggu yang seperti kita tau mulai sabtu, minggu, senin, dan seterusnya, selain itu juga menggunakan system 5 harian yaitu pahing, legi, wage, pon, kliwon.
(entah urutannya gimana yang bener gue sebenere juga kurang paham). Nah dalam kasus ini elo kalo lahir di hari Wage dan pacar elo lahir di Hari Pahing, atau sebaliknya, maka hubungan kalian dianggap hubungan sesat dan terlarang dalam adat jawa. Misal, Anto lahir di hari Selasa Wage dan Anti lahir di Hari Jum’at Pahing. Maka mereka tidak boleh sampai berhubungan, konon yang lahir dihari wage ber unsur api dan yang hari wage berunsur air, jika bergabung apinya akan mati disiram air.(maaf ngaco). Saran gue tetep sama kayak yang kasus no 1 yaitu ke kecamatan trus ganti deh informasi tanggal dan hari kelahiran kalian.
3.    Weton Sigar Semongko (Hari lahir yang sama)
Weton sendiri adalah sebutan buat system penanggalan hari jawa sama seperti kasus nomer 2, tapi dalam kasus ini disebutkan bahwa jika elo punya pasangan yang sama weton kelahirannya sama elo, atau weton cewek elo sama kayak weton ibu lo atau lagi weton cowok elo sama kayak weton bapak elo (ribet yah), simpelnya weton cewek cowok sama, weton yang cewek sama kayak weton calon ibu mertua, dan weton yang cowok sama kayak weton bapak mertua itu hukumnya haram buat saling berhubungan serius. Akibatnya tetep sama yaitu bencana akan terjadi jika tetap berhubungan serius. Sarannya juga sama elo mending ke kecamatan aja. Nyari cewek yang wetonnya beda ama elo. Upsss

4.    Ngalor Ngulon ( Utara barat atau bisa disebut barat laut)

Nah kalo kasus yang satu ini berlaku untuk anak pertama cowok. Dimana anak pertama cowok ini dilarang berhubungan serius dengan cewek yang letak rumahnya di sekitaran arah barat laut dari rumah si cowok. Misal, elo cowok anak pertama dan rumah elo madiun, dan cewek elo rumahnya ngawi, tuh kan arahnya ke barat laut maka hubungan kalian masuk dalam hubungan yang sesat. Kasus ini yang sering gue ketemuin di kehidupan gue sehari – hari, bahkan gue sendiripun pernah ngalaminnya. Kalo buat kasus ini, penyelesaiannya gampang guys, elo minta dibuang aja ama ortu lo ke daerah lain yang bisa ngerubah arah tempat elo ke tempat pacar elo. Misal, kan cewek elo rumahnya Ngawi, terus elo Madiu, biar kalian boleh nerusin hubungan kalian maka elo sebaga cowok harus berkorban dengan rela dibuang; misal ke Solo, nah kan jadi arahnya ke tenggara, atau biar aman elo minta dibuang aja ke Afrika Selatan.

5.    Tutup Ketemu Panci ( tutup sakDandange)

Nah ini nih aturan jawa yang menurut gue paling gokil sedunia, maksud dari kasus Tutup Bertemu Panci adalah, jika elo punya pacar dan pacar elo itu rumahnya berhadapan dengan  rumah elo, maka hubungan kalian hukumnya sesat, dan kalian dilarang untuk menjalin hubungan yang serius. Ini kan gokil banget ye guys, kan malah enak kalo rumahnya berhadapan gitu, mau ngapel enak, mau ketemu enak? Ini kok malah dilarang di adat jawa. Kalo menikah pun gampang, kagak usah nyewa gedung, tenda pernikahan pun gak usah mindah, dekor juga gak usah mindah. Kan jadinya hemat biaya kan guys? Ini kok malah dilarang. Saran gue, untuk menghadapi kasus ini sama kayak no 4 tadi, elo minta pindah ke Afrika Selatan aja, pacaran dulu ama Jerapah afrika.(Maaf ngaco lagi)

Sebenarnya kalo dikaji dan di teliti lebih dalam lagi, masih banyak aturan – aturan adat yang menghalangi hubungan antara sepasang kekasih. But, in my opinion, cukuplah kita untuk tau dan sekedar menghormati aturan itu guys. Toh, aturan itu manusia juga kan yang buat? Dan aturan dari manusia kan masih bisa diakalin. Kalo udah jodoh, dan udah jadi kehendak Tuhan, hal – hal semacam ini seharusnya bisa diatasin bro. Hukum Negara aja bisa diakalin sama tuh koruptor – koruptor. Gak ada dari mereka yang dihukum mati gara – gara ketahuan korupsi bertriliun – triliun, paling mereka mati karena kebanyakan makin daging kambing terus akhirnya stroke. So, kenapa kita gak berjuang sedikit aja untuk merjuangin jodoh kita? “bukankah cinta itu ada untuk meruntuhkan semua perbedaan”.

In conclusion, jangan pernah nyerah untuk memperjuangkan jodoh kita. Tetep survive kalo kalian yakin dia jodoh kalian!!!! ok guys, yang mungkin juga pernah mengalami masalah percintaan yang tersendat ama adat,silahkan aja koment di koment box yah. Sekedar sharing dan berbagi pengalaman aja.

17 comments:

  1. Maaf bisa disertakan daftar pustakanya? Ini saya lg butuh sumber buat tugas akhr saya.. makasih

    ReplyDelete
  2. Nah....gitu ya..makasih ya infonya....saya sedang terbelenggu ni ama yg namanya lusan??? belum nemu solusinya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Bagaimana solusinya lusan itu?

    ReplyDelete
  5. Bagaimana solusinya lusan itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa.. pertama.. Ada yang mengharuskan membuang anaknya.. misal pasangan lusan orang tua anak laki laki membuang anaknya gitu..membuang dalam artian kalau mau nikah dan berangkat dari rumahnya, dan dirumahnya ndak mengadakan resepsi. Kedua yang simpel dan hemat biaya,, kedua pasangan tidak mengadakan resepsi atau perayaan, cukup ijab saja...

      Delete
    2. Ada beberapa.. pertama.. Ada yang mengharuskan membuang anaknya.. misal pasangan lusan orang tua anak laki laki membuang anaknya gitu..membuang dalam artian kalau mau nikah dan berangkat dari rumahnya, dan dirumahnya ndak mengadakan resepsi. Kedua yang simpel dan hemat biaya,, kedua pasangan tidak mengadakan resepsi atau perayaan, cukup ijab saja...

      Delete
  6. Bagaimana menyikapi sigar semongko? Maksut saya menangkalnya.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya yang sigar semongko itu jumlah weton yg sama apa harinya aja yg sama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 22 kayak gue sama suami 😂😂😂

      Delete
    2. Kak kalo sigar semongko ada solusinya apa ndak?

      Delete
    3. Sekarang gimana kak rumah tangganya weton ketemu 22 ? Mohon sharingnya ya 😊🙏

      Delete
  8. Sy sedang terblengu dg satuan sama dg calon mertua,mreka menentang,pusing deh

    ReplyDelete
  9. kalau sigar semongko gimana solusinya

    ReplyDelete
  10. Saya cwk anak pertama,sama pcr dari rumahku ngalor ngulon, kok tetep gak boleh, gmn?

    ReplyDelete
  11. Aku anak pertama, doi anak ke3, tapi kakaknya yg kedua dah meninggal dr kecil. Tetep berlaku gak tuh

    ReplyDelete

Followers