Saturday 25 October 2014

The Power of Kids

Waww, sudah lama sekali gak ngepost nih di blog. Lagi sibuk banget bulan bulan ini (alibi aja malas nulis), ngurusin si cimeng kucing jantan gue yang lebaran kemarin resmi melepas masa lajangnya dengan menikahi kucing betina belang tiga depan rumah. Karena gue ogah nampung banyak kucing LAGI, makanya gue harus keliling ke RT, RW, Kelurahan buat ngurus kepindahan si cimeng. Belom juga si betina belang tiga ini susah banget dimintain tanda tangan buat kelengkapan berkas. Akhirnya tanda tangannya gue yang malsuin. Belum juga gue ngurusin si centil, kasian dia, kucing gue satu ini abis ngelahirin anak  selusin dan tanpa bapak. Dia hamil diluar nikah, dan sekarang dia harus jadi single parent buat ngurusin 12 anaknya itu sendiri. Belon lagi gue juga baru kelar ngurusin wisuda gue. Yang bagian ini gak usah diceritain aja yah,, sedikit geram aku kalo ujung-ujungnya ditanyain berapa lama kuliahnya, kamu lulus dengan predikat apa, yudisiummu berapa. Malu juga kalo gue yang mahasiswa regular (dulunya) harus puas dengan masa kuliah yang 5 tahun (ini lebih sedikit yah nyebutnya daripada 10 semester) dan hanya dapat yudisium 3,25. Dan gara – gara itu aku dapat teguran dari ortu. Ortu gue itu paling jago soal komparasi. Nyesel juga knapa thesis dulu ngambil kualitatif, harusnya kan ngambil kuantitatif yang komparasi kan. Ortu pun ngomel,

“ah payah kamu wid, dulu itu kamu pinter, SD selalu rangking, tes masuk smp favorit dapat peringkat satu, STM gak bodo bodo amat walaupun mulai nyebelin, Ujian praktek STM jadi yang terbaik, la ini kuliah kok payah gini?”. Kata bapak penuh keheranan.
 “What happen with you wid?”. Sok inggris ibuk juga mulai mengintrogasi.
Sebagai tersangka yang sedang di introgasi, Gue pun gak hanya diem tanpa pembelaan dong.
“pak, buk, masanya kan udah beda, dulu aku masih polos, gak kenal hal lain selain sekolah, fokus sama yang aku suka, apa adanya, gak neko-neko, sekarang kan udah beda.. aku banyak beban, kerjaan juga, tanggung jawab lebih besar, fikiran ini kan jadi terbagi.” . jawabku membela diri.
“Kenapa kamu gak aplikasikan apa yang kamu alami dulu ke masamu sekarang nak? Apa gak bisa? . kata ayahku singkat tapi menusuk. Dan gue pun terdiam memikirkan ucapan ayah gue.
Itulah akhir percakapan sepulang gue diwisuda. Gak ada rasa marah ataupun ingin berontak ketika mengingat lagi percakapan dengan ortu gue itu. Tapi kalimat terakhir yang diucapkan ayah gue membuat gue nginget – nginget lagi jauh ke masa kecil gue. Masa dimana gue polos, asik dengan belajar, gak mau nyerah sebelum apa yang gue inginin tercapai, dimana gue berusaha mewujudkan mimpi sederhana gue menjadi kenyataan. Pernah gue pengen banget punya jersey klub kesukaan gue, pada waktu itu kalo gue minta itu pasti gak bakal dikasih, soalnya memang ortu gue bukan orang yang suka manjain anaknya. Akhirnya gue berhasil beli itu jersey dengan ngumpulin uang jajan selama sebulan. Kalo sekarang? gue kalah hemat dari adek gue yang cowok, kalo gue mudah dapat duit dari kerja, buat ngehabisinpun gampang. Kalo adek gue, dia mau usaha ngumpulin uangnya buat apa yang dia inginin. Itulah yang ilang dari diri gue dulu, yaitu keinginan yang kuat. Simpelnya kalo elu punya keinginan yang kuat akan sesuatu, elu akan punya usaha yang kuat pula buat dapetinnya.
Hal lain lagi yang masih gue ingat, masa kecil itu identik dengan kreatifitas, inovatif, dan munculnya ide-ide keren yang mungkin orang dewasa gak pernah nyampe pikirannya ke ide-ide macam itu. Masih terngiang dipikiran gue ketika gue masih berumur 8 tahun, ortu gue ngajakin gue makan nasi rawon favorit gue memperingati keberhasilan gue dapet juara umum,,, lomba tujuh belasan di lingkungan. Mbak-mbak penjual rawonpun membawakan nasi rawon pesanan kami. karena panasnya nasi rawon itu dengan reflek aku coba meniup – niup nasi rawon dipiring itu. Gak ada angin gak ada hujan tiba – tiba ibuk menghardik gue “Wid jangan ditiup, nanti kuman – kuman di mulutmu pindah ke nasimu loh!!!”. Entah dapet inisiatif dari mana aku ambil bongkahan es batu dari gelas es the bapakku lalu aku masukin ke dalam nasi rawon panasku tadi. Seketika pecahlah tawa dari kedua orang tuaku. “kesambet apaan kamu wid” canda bapak merespon kegesrekanku. “yoalah le tole, iki mau tak ambilin kipas lo” sahut ibuk mencoba memberi solusi. “udah ibu gak usah repot, nih udah dingin kok, lagian aku makin kenyang kan, nambah kuah uy” jawabku penuh kepolosan. Bapak gentian menyambar gelas es tehku dan mengambil bongkahan es kemudian dimasukkan kedalam piringnya yang juga berisi menu yang sama denganku, “iya le jadi gak panas lagi”. Ibukku pun tertawa terbahak-bahak sambil bilang “pak aku keceret pak”.
Selain itu, anak kecil dengan kesederhanaanya mempunyai cara yang sangat luar biasa dalam menyayangi sesuatu ataupun seseorang yang dia sayangi. Tak ada embel-embel yang neko-neko dalam menyayangi, hanya sesederhana aku sayang kamu. Akhir-akhir ini aku mengerti itu semua dari Abel, adek ponakan gue. Tiap hari dia bawa boneka kesayangannya, diajaknya ngobrol bareng, curhat bareng, buang air besar bareng juga. Sekali waktu gue bertanya ama adek ponakan gue itu “kenapa sih abel sayang banget ama bonekanya?”. “yah karena sayang aja, dia ngertiin aku kok kak, mau dengerin keluh kesahku dan dia gak banyak nanya kayak kakak”. “uhhhh” gue dibilangin banyak nanya, sialan ni anak. “abel itu kan cuman boneka, apa kamu gak bosen? Atau apa dia gak bosen dengerin curhatanmu yang gak jelas itu?” guepun mulai ngaco bertanya. Dia mulai terdiam sambil senyum-senyum ke bonekanya dan bilang “kak widi itu tukang nanya yah bie. Kak aku nanya dong, apa kakak gak bosen tiap hari berkeluh kesah ke ibukmu, tiap hari juga lo kakak dimarahin ibuknya kakak, apa gak bosan? Trus apa kakak jadi gak sayang ke ibuknya kakakkah gara-gara itu semua. Suasana kemudian hening, “nih bel kakak kasih uang, ajakin si bie beli jajan gih”. “makasih kakak, yuk bie kita beli jajan, abis dikasih uang ama om widi tuh.” Seiring barlalunya abel dengan boneka kesayangannya gue tersadar, memang seharusnya seperti itulah menyayangi, tak ada yang dilebihin ataupun dikurangin, tak ada ambisi yang menyelimuti, sesederhana aku nyaman sama kamu, aku ingin bersamamu dan aku sayang kamu.

Dari itu semua gue belajar, kenapa gak kita panggil kembali kekuatan dan semangat masa kecil kita buat membangun sesuatu yang kita inginkan dimasa depan, entah itu karir, cinta ataupun cita-cita. Kita terlalu terpaku dengan kata DEWASA yang sebenarnya membelenggu. Kita yang udah dewasa terlalu gengsi untuk bertindak seperti anak kecil yang polos, lugu, sederhana dan apa adanya. Kenapa gak kita tutup telinga kita buat orang yang ngatain “ah loe childish banget sih”. Selama itu baik dan bermanfaat, tidak masalah kalo kita coba mengambil spirit dan semangat kita di masa kecil. Kalo kata gue sih, dewasa itu bukan suatu siklus yang membuat kita terjebak dalam kotak yang sempit, gak usah gengsi, karena apa yang kita miliki di masa kecil akan membawa kita ke sesuatu yang besar di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment

Followers